TransforMers, siapa nih yang bercita-cita untuk kuliah di Jerman? Tahukah kamu kalau ternyata Jerman adalah negara tujuan kuliah utama nih bagi mahasiswa! Ini terbukti dari banyaknya jumlah mahasiswa Indonesia yang berada di Jerman. Nah, sebelum kamu berangkat kuliah ke Jerman kamu harus perhatikan beberapa kebiasaan orang Jerman yang berbeda dengan orang Indonesia supaya kamu nggak kaget ketika berada di Jerman, yuk dilihat!

  • Tepat Waktu
    Yap, orang-orang Jerman sangat menghargai waktu seperti kebanyakan negara-negara Eropa lainnya, mereka sangat tidak senang jika harus dibuat menunggu karena ada keterlambatan dari orang lain. Menurut orang Jerman, hal tersebut sangat membuang-buang waktu dan seharusnya waktu yang terbuang tersebut dapat dipakai untuk hal produktif lainnya. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan kebiasaan orang Indonesia yang terkadang masih suka telat. Jadi, ketika kamu kuliah di Jerman pastiin kamu jangan sampai telat ya!
  • Penggila Sepakbola
    Jerman merupakan salah satu dari sekian negara yang penduduknya sangat menggemari sepakbola. Bahkan sepakbola bisa dibilang sebagai suatu keyakinan di Jerman, karena level fanatik penggemarnya yang sangat tinggi. Bahkan hubungan beberapa orang di Jerman juga bisa dipengaruhi oleh tim apa yang mereka dukung. Jadi, jangan kaget lagi ya ketika kamu melihat banyaknya suporter sepakbola di Jerman!
  • Minggu = Libur
    Tahukah kamu bahwa orang-orang Jerman menganggap bahwa ketika hari Minggu, mereka sama sekali tidak boleh bekerja. Mereka lebih ingin untuk menghabiskan hari Minggunya dirumah atau bersama orang yang mereka sayangi. Memang, di Indonesia juga menerapkan hari Minggu sebagai hari libur, tetapi bedanya adalah di Jerman toko-toko pun tidak akan beroperasi di hari Minggu. Jadi kalau kamu ingin berbelanja di Jerman, pastikan lakukan di selain hari Minggu ya!
  • Cuek
    Orang Jerman sangat menjunjung profesionalitas, apalagi di bidang pekerjaan. Mereka membatasi urusan pekerjaan dan urusan pribadi mereka agar pekerjaan yang mereka lakukan dapat maksimal. Mereka juga tidak akan peduli dengan urusan pribadi orang lain. Jadi pastikan kamu juga berusaha untuk menjaga profesionalitas, baik di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan kerja.
  • Uang Tunai Masih Menjadi Pilihan
    Ketika kamu berbelanja di Jerman, tidak semua toko memiliki mesin untuk pembayaran non tunai. Jadi, tidak ada salahnya kamu membawa uang tunai ketika bepergian di Jerman. Kamu juga akan membutuhkan uang koin ketika berbelanja di supermarket untuk dapat menggunakan troli yang mereka gunakan. Pastikan kamu selalu membawa uang tunai kemanapun saat di Jerman, TransforMers!

Itu dia TransforMers beberapa budaya hidup di Jerman yang berbeda dengan budaya Indonesia. Pastikan kamu nggak kaget lagi ya, ketika kuliah di Jerman nanti! Pastikan kamu menyiapkan diri kamu sebaik mungkin ya jika ingin kuliah di Jerman. Kalau masih bingung, nggak usah khawatir, TransforMe siap membantu kamu dalam persiapan untuk kuliah di luar negeri. Untuk informasi lebih lengkap, yuk cek media sosial dan website Transforme! Sampai ketemu di Jerman TransforMers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *